Penguatan Self-Esteem Anak Panti Asuhan Melalui COREL (Cinta, Olahraga, Rekreasi, Edukasi Dan Literasi)

Authors

  • Ulwan Syafrudin PG-PAUD, Universitas Lampung, Bandar Lampung, 35145, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23960/jsh.v1i1.7

Keywords:

Anak, COREL, Self-Esteem

Abstract

Sebagian besar anak yang tinggal di panti asuhan memiliki dinamika psikologis yang berbeda dengan anak lain pada umumnya. Permasalahan, pergesekan antara teman di dalam panti, dan ketiadaan peran orang tua lengkap dalam hidup anak akan menimbulkan perasaan inkompeten jika dibandingkan dengan anak lain dan muncul pula perasaan tidak berharga. Dua aspek ini akan mempengaruhi self-esteem yang dimiliki anak. Self-esteem sangat dibutuhkan oleh anak. Selfesteem yang baik dikaitkan dengan regulasi diri yang baik, kesehatan mental dan tingginya psychology. Melihat fenomena tersebut, kegiatan pengabdian dilakukan dengan cara memberikan penguatan melalui program COREL (Cinta, Olahraga, Rekreasi, Edukasi, dan Literasi) dalam meningkatkan Self Esteem Anak Panti Asuhan di Bandar Lampung. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test setelah workshop terdapat perbedaan nilai mean pre-test dan post-test yaitu 42,50 dan 82,00. Hal tersebut menjelaskan bahwa pengetahuan dan keterampilan pengurus panti asuhan dapat dikembangkan melalui workshop yang telah diikuti.

Downloads

Published

2020-12-24