Pelatihan Alat Musik Talo Balak Lampung pada Forum Karang Taruna Palapa Tiyuh Panaragan untuk Mengiringi Tarian Sigeh Penguten Sebagai Prosesi Penyambutan Tamu-Tamu Agung di Tiyuh Panaragan Kabupaten Tulang Bawang Barat

Authors

  • Erizal Barnawi Ocupation

DOI:

https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.41

Keywords:

Talo Balak, Kreativitas, Forum Karang Taruna Palapa Tiyuh Panaragan

Abstract

Pengamatan dari tim pengabdian bahwa sebagai bagian dari media kerterampilan seni dan budaya yang ada di Forum Karang Taruna Palapa Tiyuh Panaragan, Kabupaten Tulang Bawang Barat yang selama ini kurang memenuhi tingkat kreatifitas dan pengembangan seni budaya Lampung. Pelajaran biasanya sekedar diisi dengan bernyanyi klasikal dilanjutkan individual, kurang menyiratkan unsur-unsur musik yang sedemikian kaya terutama unsur irama dan unsur melodi. Alat musik Talo Balak Lampung merupakan salah satu alat musik tradisi yang sangat komplek, sangat memungkinkan para muda mudi Karang Taruna Palapa Tiyuh Panaragan menggunakan alat musik tersebut sebagai media pembelajaran dan menguntungkan dalam upaya meningkatkan penguasaan pemuda dalam hal unsur-unsur irama dan unsur-unsur melodi tersebut. Jika para muda mudi Tiyuh Panaragan mampu memainkan Talo Balak Lampung lambat laun akan mempunyai nilai tambah karena bisa dan mampu mengirinngi tarian persembahan untuk tamu-tamu yang berkunjung baik ke Kampung sendiri maupun di tingkat kecamatan.

Kegiatan ini dibatasi pada pelatihan memainkan ansambel Talo Balak yang terdiri dari (Kulintang, Pepetuk, Gelitak, Gujih, Canang, Gindir, Tawa-Tawa, Kempyang, Talo, dan Gindang) dengan beberapa lagu yaitu: tabuh Gupek dan tabuh Tari dalam iringin tari Sigeh Penguten. Serta, beberapa motif tabuhan gindang dalam pemegang ritme ketukan di ansambel Talo Balak. Metode ceramah oleh pelaksana untuk menjelaskan manfaat kemampuan bermain ansambel Talo Balak, bagian-bagian Talo Balak, dan cara bermain menabuh ansambel Talo Balak yang baik dan benar. Serta, memperagakan secara langsung oleh pelaksana pengabdian untuk memberikan contoh memainkan tiap-tiap instrumen di dalam ansambel Talo Balak.

Downloads

Published

2021-12-29