Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Sebagai Konten Online Learning Guru di Kabupaten Lampung Timur

Authors

  • Bayu Saputra FKIP Unila

DOI:

https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.40

Keywords:

Pelatihan, Pembuatan Video Pembelajaran, Peningkatan Hasil

Abstract

Dunia pendidikan berupaya mencari solusi pembelajaran yang efektif dan mampu diterapkan sesuai dengan kondisi saat ini. Indonesia menjadi bagian terdampak corona virus sejak bulan Mei 2020. Sehingga kebijakan pemerintah mengharuskan pembelajaran dilakukan dari rumah masing masing untuk menekan penyebaran virus yang semakin masif menyebar akibat kontak fisik. Ketidak siapan guru dan siswa dalam menghadapi kondisi yang secara mendadak dialami ini memerlukan berbagai macam solusi dengan peningkatan kompentsi guru melalui pelatihan pembuatan video. Tujuan dari pelatihan ini adalah mingkatkan keterampilan guru dalam merencanakan dan membuat video pembelajaran sebagai konten online learning. Pelatihan akan dilakukan melalui metode ceramah, simulasi, diskusi dan praktik, dan latiha, tahap pertama pemaparan tentang media pembelajaran online yang efektif, kemudian dilanjutkan dengan praktik dan pendampingan. Evaluasi dilakukan diawal dan diakhir kegiatan pelatihan, selanjutnya hasil tes dianalisis dan akan diperoleh gambaran ketercapaian pengabdian. Selain itu digunakan lembar observasi dan angket yang dilakukan oleh mahasiswa. Hasil analisis yang diperoleh digunakan sebagai kesimpulan keberhasilan suatu pelatihan. Hasil pelatihan ini diperoleh peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam mempersiapkan dalam menyusun video pembelajaran dengan peningkatan rata rata 28,68% . Terdapat peningkatan guru dalam pembuatan video pembelajaran secara mandiri sebagai konten online leraning di sekolah masing-masing. Guru memperoleh peningkatan pengetahuan dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemic Covid-19.

Keywords.
Pelatihan, Pembuatan Video Pembelajaran, Peningkatan Hasil

Downloads

Published

2021-12-29