Pelatihan Dikte dalam Bahasa Prancis bagi Siswa Tingkat Sekolah Menengah Atas Se-Lampung

Authors

  • indah nevira trisna Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.28

Keywords:

Kompetensi Bahasa Prancis, Siswa, Dikte, Olimpiade Bahasa Prancis

Abstract

Bunyi pelafalan khas yang menjadi ciri bahasa ini menjadi daya tarik bagi orang yang ingin mempelajarinya.  Selain bunyi, sistem ortografi bahasa Prancis pun sedikit berbeda dari bahasa Latin.  Dikte merupakan kegiatan pembelajaran bahasa untuk melatih tidak hanya kemampuan menyimak tetapi juga menulis, tata bahasa, kosakata, dan ejaan.  Pelatihan ini dihadiri 15 peserta dari Sekolah Menengah Atas se-Lampung. Secara umum, pelatihan ini dapat dikatakan berhasi. Hal ini dapat dibuktikan adanya berubahan yang cukup signifikan pada nilai pre-test dan post-test. Terdapat 66% peserta mengalami perubahan yang cukup signifikan  dan 33% peserta yang tidak mengalami perubahan hasil pada tes. Nilai tertinggi yaitu 48/50 dan nilai terendah adalah 0.

Downloads

Published

2021-12-29