Pelatihan Alat Musik Gamolan Lampung untuk Forum Mulei Menganai Panaragan sebagai Peningkatan Keterampilan Kesenian Tradisional Lampung di Tiyuh Panaragan Kabupaten Tulang Bawang Barat

Authors

  • Erizal Barnawi Ocupation

DOI:

https://doi.org/10.23960/jsh.v2i1.27

Keywords:

Gamolan, Kreatifitas, Forum Muli Menganai Tiyuh Panaragan

Abstract

Pembelajaran pokok bahasan Musik sebagai bagian dari media kerterampilan seni dan budaya di Forum Muli Menganai Panaragan Kampung Panaragan, Kabupaten Tulang Bawang Barat yang selama ini kurang memenuhi tingkat kreatifitas dan pengembangan seni budaya Lampung. Pelajaran biasanya sekedar diisi dengan bernyanyi klasikal dilanjutkan individual, kurang menyiratkan unsur-unsur musik yang sedemikian kaya terutama unsur irama dan unsur melodi.

Alat musik Gamolan merupakan salah satu alat musik tradisi yang sangat praktis, sangat memungkinkan para muda mudi Tiyuh Panaragan menggunakan alat musik tersebut sebagai media pembelajaran dan menguntungkan dalam upaya meningkatkan penguasaan pemuda dalam hal unsur-unsur irama dan unsur-unsur melodi tersebut. Jika para muda mudi Tiyuh Panaragan mampu memainkan Gamolan lambat laun akan mempunyai rasa puas dan rasa irama yang benar.

Kegiatan ini dibatasi pada pelatihan memainkan alat musik Gamolan dengan beberapa lagu yaitu: tabuh layang kasiwan dan tabuh alau-alau, tabuh rajo menggalo, tabuh sermendung sirlia, dan tabuh gupek dan tabuh tari dalam iringin tari Sigeh Penguten.

Metode ceramah oleh pelaksana untuk menjelaskan manfaat kemampuan bermain Gamolan, bagian-bagian Gamolan, dan cara bermain Gamolan yang baik dan benar. Serta, memperagakan secara langsung oleh pelaksana pengabdian untuk memberikan contoh memainkan Gamolan dengan tabuh layang kasiwan, tabuh Alau-alau. tabuh rajo menggalo, tabuh sermendung sirlia, dan tabuh gupek dan tari dalam iringin tari Sigeh Penguten

Downloads

Published

2021-12-29