Pelatihan Pemanfaatan Aksesibilitas dalam Pemenuhan Hak Anak untuk Mewujudkan Sekoaah Ramah Anak (SRA) di Sekolah Dasar Negeri 5 Sumur Pulau Harimau Lampung Selatan

Authors

  • - Sowiyah Manajemen Pendidikan, Universitas Lampung, Bandar Lampung, 35145, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23960/jsh.v1i1.26

Keywords:

sekolah ramah anak, sarana dan parsarana sekolah, aksesibilitas

Abstract

Tujuan khusus yang dicapai dalam kegiatan ini adalah mewujudkan sekolah ramah anak(SRA) dan meningkatkan pemahaman pemanfaatan inflastruktur, meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, menciptakan lingkungan belajar di sekolahyang aman, meningkatkan kualitas pelayanan serta sarana dan prasarana yang aman di SD Negeri 5 Sumur Pulau Harimau Kabupaten Lampung Sealatan. Strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah sesuai misi yang tertuang dalam Rencana Pengembangan infrastruktur SD Negeri 5 Sumur Pulau Harimau Kabupaten Lampung Sealatan. yaitu; menggalakan sekolah aman dan budaya belajar berbasis kearifan lokal serta lingkungan yang aman bagi anak, bersih, asri, sejuk, rimbun, indah, nyaman, penyediaan fasilitas bagi kelompok belajar, meningkatkan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan masyarakat. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah sosialisasi, pelatihan, penugasan, praktik, diskusi kelompok, dan pendampingan dalam mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA). Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 5 Sumur Pulau Harimau Kabupaten Lampung Selatan dengan sasaran peserta warga sekolah (Kepala Sekolah, pengawas, guru, komite sekolah, orang tua, peserta didik, penjaga sekolah dan pengelola kantin). Hasil Kegiatan adanya peningkatan aspek pengetahuan sebesar 66,24 % menunjukan kegiatan Berhasil. Aspek Sikap sebesar 73,3% menunjukkan kegiatan Bermanfaat.

Downloads

Published

2020-12-24