Pelatihan Creative Design Thinking Start Up Entrepreneur Dikalangan Siswa Kelas XII SMK Industri Kreatif Kota Bandar Lampung

Authors

  • Arif Sugiono Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Lampung, Bandar Lampung, 35145, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23960/jsh.v1i1.13

Keywords:

Start Up Entrepreneur, Design Thinking, Industri Kreatif

Abstract

SMK Industri Kreatif (Dahulu SMKN 5 Bandar Lampung), setiap tahunnya meluluskan tenaga terampil di bidang industri kreatif, khususnya sub sektor kriya. Namun, pada umumnya, setelah lulus para lulusannya masih berorientasi pada job seeker, dan mengalami kegagalan pada saat memulai sebuah usaha. Di sisi lain, jumlah start up entrepreneur di bidang Industri Kreatif di Indonesia pada umumnya, dan Kota Bandar Lampung pada khususnya masih kekurangan. Berangkat dari kondisi tersebut, maka pelatihan tentang start up entrepreneur dan design thinking dalam memulai bisnis menjadi penting dan relevan untuk dilakukan di SMK Industri Kreatif, khususnya siswa kelas XII. Metode yang digunakan adalah diskusi, ceramah dan membahas kasus-kasus yang menarik, tentang start up entrepreneur. Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan akan terbentuk motivasi yang kuat untuk menjadi seorang yang merintis sebuah bisnis baru / startup entrepreneur; pemahaman design thinking yang baik dan benar tentang bagaimana mendirikan dan menjadi start up entrepreneur di industri kreatif dan mendesain model bisnis start up yang baik. Setelah dilakukan kegiatan pengabdian dengan metode diatas, hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta pelatihan tentang materi pelatihan.

Downloads

Published

2020-12-24