Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Literasi Kearifan Lokal untuk Guru SD Se Kota Metro

Authors

  • - Sumargono Pendidikan Sejarah, Universitas Lampung, Bandar Lampung, 35145, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23960/jsh.v1i1.10

Keywords:

Bahan Ajar, Tematik, Kearifan Lokal

Abstract

Berkaitan dengan kompetensi professional guru sebagai pendidik, upaya yang dapat dilakukan adalah peninggkatan ketrampilan dan keahlian guru seperti materi, model dan media pembelajaran. Guru yang cerdas dan kreatif akan menjadi motivasi tersendiri bagi siswanya mau melaksanakan proses belajar dengan penuh semangat. Guru perlu menyediakan bahan ajar sebagai model konkrit pendalaman materi untuk siswa yang sesuai dengan karakteristik daerahnya masing-masing. Oleh karena itu, sangat penting untuk dilakukan pelatihan / training dalam pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal guna mendukung proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Kota Metro adalah daerah yang serius untuk membangun daerahnya sebagai kota pendidikan di Propinsi Lampung. Sekolah Dasar Negeri Kota Metro merupakan sekolah dasar yang cukup lama dalam penyelenggarakan pendidikan tingkat dasar di Propinsi Lampung. Kegiatan pembelajaran sudah berjalan dengan baik, namun dalam hal pengembangan bahan ajar masih ada beberapa tenaga pendidik yang belum memiliki kompetensi terkait pengembahan bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran tematik yang kontekstual dengan pengalaman siswa sebagai model pembelajaran yang dapat menyentuh semua aspek kebutuhan peserta didik. Dalam rangka peningkatan kompetensi professional guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Metro diperlukan pelatihan peningkatan keahlian guru untuk pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal setempat.

Downloads

Published

2020-12-24